• Welcome To My Blog

RPG Maker MV Cover
 
Rav Blog's - Bagi Fans RPG atau Developer RPG Games pasti sudah tidak asing dengan RPG Maker. Enterbrain telah merilis detil lebih lanjut mengenai RPG Maker MV. Detil tersebut termasuk trailer serta beberapa screenshot. Katanya RPG Maker MV akan rilis untuk PC dan Mac di Musim Dingin mendatang. Mau tau apa saja fitur dari RPG Maker MV ini?? Berikut Ulasannya..



Multi-Device Support
Dengan RPG Maker MV, sobat bisa mengembangkan game untuk smartphone. Sobat bisa menyimpan game sobat dalam lima format, yaitu 
  • Windows : EXE
  • Mac : APP
  • Android : APK, 
  • iOS : IPA
  • HTML5 bisa dimainkan di browser.

RPG Maker MV Feature Multiplatform Distribution And Mac Support

Sample Data Included
Untuk membantu setiap orang membuat game dengan mudah, Enterbrain menyertakan beberapa sampel data yang Sobat dapat dengan mudah menggunakannya! Enterbrain memiliki lebih dari 100 sampel Maps, bagian Character Generator dan banyak lagi! RTP kini terintegrasi dalam engine untuk menyelamatkan kesulitan/masalah pengguna.
 
Javascript untuk membuat game yang kompleks
RPG Maker MV menggunakan JavaScript terkenal, dalam kombinasi dengan HTML5 ekspor. Dengan menguasai Javascript, Sobat akan dapat mengubah permainan sesuai dengan keinginan Sobat, dari Battles Menu UIS. Fitur ini berorientasi pada pengembang yang sudah berpengalaman. Sobat sekarang memiliki kemampuan untuk mengontrol semua bagian dari permainan. Class tidak lagi tersembunyi!

RPG Maker MV Feature Javascript scripting
  
Memperkenalkan Plugin Manajer
Dengan menambahkan file js di folder plugin projek, Sobat akan dapat memilih plugin di Plugin Manager. Sobat dapat melihat rincian naskah, parameter script dan kemampuan untuk mengatur ON dan OFF. Menggunakan Plugin Manajer akan jauh lebih mudah digunakan daripada format lama. Membiarkan gangguan pengguna minimal untuk mencegah kesalahan dan mudah memesan script dari pembuat sebelumnya.

RPG Maker MV Feature Plugin Manager

Event Searcher
Salah satu fungsi terjawab dari RPG Maker 2003, Fitur Event Search kembali! Semakin besar permainan Sobat nanti, maka Sobat mendapatkan banyak Variabel, Switches dan Event di game Sobat. Kita akan kesulitan untuk mengelola dan menemukan parameter tertentu. Menggunakan Event Search akan memungkinkan Sobat untuk menghemat waktu dan cepat melihat semua hal dari variabel tertentu atau Switch!

RPG Maker MV Feature Event Variable Switch Search
 
Pemilihan Tampilan Battle  
Kali ini sobat bisa memilih tampilan battle sobat nanti di game. Ada 2 system battle nanti. Ada Battle View dari depan, dan ada Battle View dari samping seperti Final Fantasy I dan II


RPG Maker MV Battle System Modes 01
RPG Maker MV Battle System Modes 02

Dukungan Sentuhan dan Mouse
RPG Maker MV kini mendukung kontrol melalui sentuhan (touch screen). Jika sobat ingin mengendalikan karakter, cukup sentuh tujuan dan karakter akan bergerak ke tempat yang di tuju tersebut secara otomatis. Saat bermain di PC, RPG Maker MV juga mendukung kontrol mouse, keyboard dan game pad. Keren Kan!

RPG Maker MV Feature Mouse And Touch Input Support

Batas Database Item 2x Lebih Besar
Di RPG Maker VX Ace, jumlah maksimal item yang bisa disimpan database terbatas mencapai 999, namun di RPG Maker MV, batas tersebut ditambah menjadi 2,000. 

RPG Maker MV Feature Large Database


Struktur 3 Lapis Untuk Peta
Di RPG Maker MV, struktur sederhana berlapis tiga bisa dilakukan dengan mudah. Jadi nanti kita bisa buat kayak bukit ampe 3 tingkat.

 http://jurnalotaku.kilatstorage.com/wp-content/uploads/2015/08/rpg-maker-mv-resolusi.jpg
Peningkatan Resolusi Game
Entri Rpg Maker sebelumnya yaitu RPG Maker VX Ace hanya mendukung resolusi 544×416. Sedangkan RPG Maker MV sekarang mendukung resolusi yang lebih tinggi yaitu 816×624. Resolusi untuk tile pun meningkat dari 32×32 menjadi 48×48. Secara keseluruhan, semuanya meningkat 1,5 kali.
 http://jurnalotaku.kilatstorage.com/wp-content/uploads/2015/08/rpg-maker-mv-peta.jpg

Kami akan memantau terus perkembangannya dan akan update di postingan ini.
Jika sobat ingin mengetahui lebih lanjut perkembangannya bisa lihat di situs officialnya.
Sekian pembahasan tentang RPG Maker MV, nantikan postingan kami berikutnya. Semoga Bermanfaat :-)

Categories: ,

3 Response for the "[UPDATE!!] Mengungkap Lebih Detil Rpg Maker MV!"

  1. Salam MV bang, ane pemula hehe mampir aja ke https://homerpg2d.blogspot.com ane lagi nyicil postingan juga hehe

  2. Unknown says:

    bang link untuk software javascrip html5

  3. Gan,
    cara mengatur controller keyboard pada game rpg maker mv gmn ya?